Name:
Location: Jakarta, Indonesia

reflection

Tuesday, August 08, 2006

Dorongan dan tarikan

hidupku adalah dua hal, dorongan dan tarikan.
Dorongan seringkali satu jalur dengan tarikan. Atau berbeda.
Aku tidak tahu apakah kebebasanku adalah ketidakbebasanku? Apakah ketika aku menolak dorongan dan menghindar dari tarikan aku HANYA terjatuh dalam dorongan dan tarikan yang lainnya lagi? Atau sungguh, kebebasan itu ada?

Semua benda-benda dan orang-orang di sekitarku saat ini dan di masa lalu, punya daya dorong dan daya tarik. Mereka mempengaruhiku. Meninggalkan catatan-catatan dalam buku harianku. Sebenarnya aku saat ini ketika sedang menulis di sini tak menceritakan tentang diriku, aku sebenarnya sedang menceritakan tentang catatan-catatan yang orang-orang lain itu tinggalkan.

Aku melihat Y, aku terdorong untuk U
Aku mendengar I, aku ditarik untuk M
Langit,
Mendung,
Matahari,
Bulan,
Tanah,
Batu,

Mereka menarik dan mendorongku,.....sadar atau tidak.

2 Comments:

Blogger Pure Water said...

Kenangan adalah catatan masa lalu.
Keinginan adalah catatan masa depan.
Sekarang ini adalah catatan yang akan menuju berlalu. Selalu ada temu dan selalu ada pisah. temu itu lalu dan depan, demikian juga sebaliknya.
Kata-kata yang kita bahasakan adalah peninggalan orang-orang masa lalu dan kita gunakan serta kembangkan untuk menyatakan perasaan yang sama seperti saat mereka ciptakan bahasa ini. Biarlah daya tarik dan dorong itu bekerja seimbang, sehingga masa yang berada dalam diri kita bukanlah yang lalu ataupun yang depan(yang belum/bakal terjadi) melainkan kita berada ditengah-tengah itu.. yaitu SEKARANG...

6:28 AM  
Blogger Pure Water said...

Milik atau bukan milik.
Pikir atau tidak pikir.
Biarpun kita memiliki jika tak pernah terpikir, sama saja dengan tidak memiliki, begitu juga sebaliknya. Pelajaran selalu dapat dipetik dari pohon tetangga ataupun pohon kita sendiri.Tapi biasanya buah di pohon kita juga dipetik orang lain, mau gak mau kita tertarik dan terdorong untuk memetik buah pada pohon orang lain. Sama halnya saat daun tua beguguran, tumbuh daun baru.
Miliknya atau milikmu akan menjadi setara ketika sama-sama dipetik orang lain dan tergeletak ditanah. Itulah dunia bergravitasi, beda tinggi tapi sama rendah. Suatu yang melambung pasti akan jatuh oleh tarikan gravitasi dan dorongan gaya magnetik bumi serta tekanan udara. Seberapa ketinggian kita sebesar itulah daya hantam kita saat jatuh kebumi. Umpamanya 1km ke atas=1kg ke bawah, maka jika pelambungan sebutir buah keatas 5km, saat jatuh 5kg sehingga menghasilkan 0km=0kg. Begitu juga saat buah itu hanya 1km melambung, maka daya hantam ke bumi akan 1kg juga, sehingga hasilnya sama-sama NOL.....

7:26 AM  

Post a Comment

<< Home